Manajemen Informasi dan Dokumen (MID) UI itu jurusan apa?



          
          Hai kawan! Sebelumya terima kasih karena sudah menyempatkan diri untuk berkunjung ke portal pribadiku yang tak seberapa ini, hehehe. Arigatou gozaimasu minna!
          Sebelum masuk ke topik awal, izinkan aku –pemilik portal yang tak seberapa ini—untuk bercerita, tepatnya mengenang masa yang baru saja berlalu (bahasa gue kok lama-kelamaan jadi aneh ya -_- gomen ne, minna).
          Hari ini, 18 Juni 2015 merupakan hari kedua bulan Ramadhan 1436 Hijriah. Gue jadi ingat waktu bulan Ramadhan tahun lalu, gue masih diliputi perasaan galau. Perasaan yang bikin gue ngga tenang karena masih belum tau akan kuliah di mana. Yah mirip-mirip kaya kalian lah yaa (SMA/Sederajat angkatan 2015), huehehehe.
          Buat yang sudah beruntung karena berhasil mendapatkan kata ‘Selamat’ karena diterima di Perguruan Tinggi Negeri sih enak ya, tenang, adem ayem gimanaa gitu. Ngga kaya kita-kita (yang belum diterima) dan nasibnya belum jelas karena masih menunggu hasil SBMPTN dan Seleksi Masuk Perguruan Tinggi lainnya -__-“ , hiks.
          Tahun lalu, tepatnya 21 Juli 2014 (kalau ngga salah, soalnya tanggal asli pengumumannya itu 23 Juli 2014 dan dimajuin 2 hari), alhamdulillah gue berhasil lolos Seleksi Masuk Universitas Indonesia (SIMAK UI) dan diterima di Jurusan Manajemen Informasi dan Dokumen (MID) nih guys. Yap, lolosnya gue dari SIMAK UI ngga terlepas dari bantuan Allah SWT, ridha kedua orang tua, keluarga, teman-teman yang baik dan kerja keras sampai titik maksimal!
          Tanpa perlu basa-basi lagi, gue rasa udah waktunya memberikan sedikit pengetahuan untuk kalian Calon Mahasiswa MID maupun masyarakat umum yang sedang bertanya-tanya tentang disiplin ilmu yang dipelajari dalam jurusan ini.
          Sebelumnya, gue mohon maaf kalau apa yang gue paparkan dalam tulisan ini belum maksimal seperti apa yang kalian ekspektasikan. Tapi, gue akan mecoba semampu gue, membantu kalian yang sedang bertanya: “MID itu jurusan apa sih?”, “Bidang yang dipelajari itu apa?” atau “Sama nggak kaya Manajemen di Fakultas Ekonomi Bisnis?”.
          Well guys, hehehe. Beberapa pertanyaan ini memang kerap kali muncul dari orang-orang yang belum mengetahui apa itu MID. Manajemen Informasi dan Dokumen (MID)  merupakan peleburan atas dua buah disiplin ilmu, yaitu Ilmu Perpustakaan dan Ilmu Kearsipan. MID ini merupakan salah satu jurusan yang terdapat pada Fakultas Program Vokasi Universitas Indonesia.
          Sebelumnya, jurusan ini berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya (FIB) UI dengan nama D3 Kearsipan. Namun, kemudian terjadi penggabungan antara jurusan Kearsipan dan Ilmu Perpustakaan yang kini dikenal dengan nama Manajemen Informasi dan Dokumen.
          Lalu, di jurusan itu belajar  apa aja?”. Sejauh yang gue tau, MID itu mempelajari cara mengelola informasi dan medianya, yaitu dokumen. Karena berada di bawah naungan Program Vokasi yang mana lulusannya memang dibuat menjadi ahli praktisi, yang gue (dan teman-teman) pelajari di sini bukan hanya sekadar teori, tetapi juga praktik.
          Setelah setahun kuliah-di-jurusan-yang-mengharuskan-kita-dapat-mengelola-informasi-yang-baik-dan-benar, gue jadi tau kenapa informasi dan media penyimpannya itu penting untuk dikelola guys.
          Ini merupakan beberapa mata kuliah yang diberikan pada semester satu dan dua, diantaranya: Pengantar Organisasi Informasi, Dasar-Dasar Ilmu Perpustakaan dan Kearsipan, Dasar-Dasar Teknologi dan Pengelolaan Informasi, Deskripsi Bibliografi, Dasar-Dasar Dokumentasi, Basis Data, Manajemen Perkantoran, dan Manajemen Korespondensi & Kepengurusan Surat.
          Oiya guys! Di MID kami (Mahasiswa/i MID) juga belajar tentang bagaimana mengelola sebuah kantor. Selain itu, kami juga belajar memahami proses penciptaan surat sampai surat tersebut terkelola sesuai dengan prosedur.
Hhm, ngomong-ngomong Mata Kuliah yang gue sampaikan di atas merupakan mata kuliah yang terdapat pada semester satu dan dua. Untuk semester tiga dan seterusnya akan ada Mata Kuliah Pengelolaan Arsip Inaktif, Penuturan Cerita dan banyak lainnya.
Eh iya! Di MID, nanti akan ada Magang (internship) pada semester enam. Magang ini dimaksudkan untuk mengukur sejauh mana kami mampu mengaplikasikan pengetahuan yang telah kami peroleh di lapangan secara langsung.
Oh begitu. Terus prospek kerjanya gimana?”. Hohoho ini dia pertanyaan yang sudah pasti diajukan pada setiap bidang ilmu yang akan ditekuni. Yap, prospek kerja dari jurusan ini dapat dikatakan cerah.
Mengapa? Karena manusia yang hidup selalu membutuhkan komunikasi antar sesamanya untuk menyampaikan informasi. Rata-rata manusia membutuhkan alat bantu untuk membantu mengingat kejadian atau peristiwa yang telah berlalu, atau pada masa lampau. Demi mencapai kebutuhan tersebut, manusia menciptakan alat yang dapat menyimpan informasi yang mereka miliki. Alat tempat menyimpan informasi tersebut yang kemudia kita sebut dokumen, sekarang ini.
Seiring berjalannya waktu, dokumen-dokumen yang dihasilkan manusia akan terus bertambah selagi manusia itu sendiri itu hidup dan melakukan kegiatan. Beberapa dari dokumen-dokumen tersebut terdapat informasi yang mana dapat dipergunakan sebagai alat bukti, sebagai alat pertanggungjawaban maupun bahan pengambilan keputusan.
Semua dokumen itu tidak akan bisa terkelola dengan baik dan benar sendirinya. Diperlukan adanya seorang ahli informasi yang dapat membantu mengelola informasi dan dokumen tersebut agar tidak rusak, hilang atau pun musnah. Nah, di sini lah peran kami sebagai Ahli Informasi dan Dokumen (Mahasiswa/i MID) ada untuk membantu memanajemen informasi dan dokumen-dokumen tersebut.
Dari gambaran di atas, terlihat betapa cerahnya prospek kerja yang dimiliki oleh jurusan ini. Jurusan ini nggak melulu kerjanya jadi Pustakawan, lho. Bisa jadi Arsiparis, Pengembang Website, Ahli informasi, Ahli Dokumen dan banyak lainnya. Bahkan, beberapa lulusan MID juga ada yang bekerja di TOTAL Oil & Gas, EXXON, Freeport dan Petronas, lho. Jadi, bagi kamu, calon mahasiswa/i yang ingin menjadi Ahli Informasi dan Dokumen, dapat bergabung bersama kami, di sini, di jurusan Manajemen Informasi dan Dokumen, Program Vokasi, Universitas Indonesia.

*update : Mulai tahun 2016, MID hanya berorientasi pada Ilmu Kerasipan saja. tidak lagi mempelajari Ilmu perpustakaan dan Informasi. untuk informasi lebih lanjut silakan akses http://vokasi.ui.ac.id ya!

Komentar

  1. Saya siswa SMK jurusan Administrasi Perkantoran yang berada di Jawa Barat lebih tepatnya di Kota Garut. Cukup menarik bagi saya membaca artikel ini. Namun, apakah siswa SMK berpeluang diterima diperkuliahan khusus nya di Univ. Indonesia dijurusan MID ini? Mohon jawabannya. Terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo Arvi! sebelumnya terima kasih karena sudah berkunjung ke blog saya dan membaca artikel ini, hehehe.
      Kamu jurusan Adm. Perkantoran? wah, kalau begitu kebetulan kita ada di jurusan yg sama. dulu saya juga mantan anak Adm. Perkantoran! :D

      Hhm, peluang diterima di PTN baik untuk lulusan SMA/SMK saya pikir sama saja, sama-sama berpeluang diterima. Asalkan berhasil melewati jalur seleksi. karena MID berada di Program Vokasi (D3), maka dapat melalui dua jalur, yakni PPKB (undangan khusus untuk D3) dan Seleksi Masuk Universitas Indonesia (SIMAK UI). Jika ingin memilih jurusan MID, maka kemampuan yg harus dikuasai pada saat ujian seleksi (SIMAK UI) adalah kemampuan Soshum (Sosial Humaniora/IPS).

      Oiya, karena berasal dari jurusan Adm.Perkantoran, jika melanjutkan ke jurusan MID saya rasa tidak akan kaget, karena sudah mendapatkan dasar-dasar ilmu arsip dan perkantoran di SMK.

      semoga jawabannya membantu yaa :)

      Hapus
    2. Kak, di MID itu bagi lagi gak sih kak jurusannya? seperti khusus di prodi IT, Kearsipan, dan Ilmu Perpustakaan? Tolong jawabannya ya kak.. terima kasih :)

      Hapus
    3. Haloo. Maaf ya baru bales sekarang :')

      Kalau di MID nggak dibagi lagi kok, Dek. Nggak ada penjurusan. Jadi begitu lulus nanti bisa menguasai semua ilmu yang telah dipelajari :)

      maafkan daku ya :')

      Hapus
  2. Kak, saya mau nanya untuk lanjut ke s1 nya dari Mid bagaimana ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo maaf ya baru balas :')

      kalau dari MID untuk lanjut ke S1 bidang yang sama bisa memilih program studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Lalu, bisa juga transfer Sistem Kredit Semester (SKS), sehingga masa kuliahnya bisa lebih cepat karena beberapa mata kuliah telah dipelajari sebelumnya di MID.

      semoga membantu yaa

      Hapus
  3. Setelah lulus D3 jurusan ini, jika ingin melanjutkan S-1, caranya gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo maaf ya baru balas :')

      kalau dari MID untuk lanjut ke S1 bidang yang sama bisa memilih program studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Lalu, bisa juga transfer Sistem Kredit Semester (SKS), sehingga masa kuliahnya bisa lebih cepat karena beberapa mata kuliah telah dipelajari sebelumnya di MID.

      semoga membantu yaa

      Hapus
    2. Hallo kak kalo misalnya mau lanjut s1 jurusan manajemen bisa ga kak?

      Hapus
  4. hai kak, aku mau tanya.
    jurusan ini sama ilmu perpustakaan itu yang dipelajari sama aja atau ada bedanya?

    BalasHapus
  5. Hai juga Havie! maaf yaa karena baru bales :''

    Jurusan ini sama JIP? sama banget kok mata kulliah yang dipelajari. nah, yang membedakan itu, karena ini jenjang diploma 3, praktiknya lebih banyak ketimbang teorinya.

    semoga jawabannya bisa membantu yaa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak... bukannya MID itu jurusan gabungan dari ilmu perpustakaan dan kearsipan? lalu kalau kita mau lanjut jurusan kearsipan Universitas Terbuka (transfer sistem kredit semester) lulus 1,5 tahun bisa tidak kak?

      Hapus
    2. Haloo, maaf ya baru balas :'D

      iyaps, MID bisa dibilang gabungan antara dua program studi itu. Nah, mulai TA 2016/2017 atau mahasiswa baru angkatan 2016, MID berubah jadi lebih berorientasi ke ilmu kearsipan.

      Wah, kalau itu aku juga belum tau nih, hehe. Mungkin antara 1,5 sampai 2 tahun ya.

      Hapus
    3. Kak Susi kalo masalah Praktek magang itu kita sendiri kan yang pilih perusahaan mana yang kita mau hehe... Soalnya saya anak MID angkatan 2015 kak :'V

      Hapus
    4. oalaah, hehe. iya benar. kita bisa memilih instansi/perusahaan sendiri kok.

      Hapus
  6. mks mba Alvi, mumpung saya masih kelas 3 smk BSD, tolong dshare matakuliah keseluruahan, mks mba Alvi

    BalasHapus
  7. Mbak jurusan ini anak ipa ips bisa masuk semua kah ?

    Saya dari sma ips mbak, lulus tahun ini insyaallah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Iqbal 😁

      Bisaaa. Temenku kebanyakan anak SMA IPS, tapi yg IPA juga ada kok 😁. Wah, semangat ya! Semoga dimudahkan ujiannya!

      Hapus
  8. Kak mau tanya kk kan lewat simak UI nah itu jurusannya dari awal kita yang nentuin sendiri mau masuk mananya atau setelah lulus seleksi jurusannya ditentukan sama pihak UI nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo Lisa, maaf banget yaa baru balas :')

      pilihan programm studi itu kita yang menentukan sejak pendaftaran SIMAK UI hihi

      Hapus
  9. Klok jalur undabgan ap ya klolmlngsing s1 jurusannya ap ya.. mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. haloo. kalo lewat jalur undangan bisa ikut PPKB itu semacam SNMPTN yang seleksinya lewat nilai rapot. kalo S1 tentang perpustakaan bisa ambil Ilmu perpustakaan dan informasi. tapi kalo untuk S1 kearsipan setahuku belum ada

      Hapus
  10. Malam kaa, aku lg dilema dngan jurusan aku nanti:(
    Aku msih kls 11 sih skrng:v aku msuk smk ngambil jurusan akuntansi,tpi kyk mnt gt dngan jurusan manajemen informasi dan dokumen ini...
    Kalo dri smk dngan jrusan akuntansi ad peluang buat msuk ga sih ka?? :((
    Saran dong ka btw buat aku jurusan yg kira² cck:v

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara ke Hutan Mangrove naik kereta dan busway

Pengalaman Magang di Perpustakaan

Pengalaman Magang di Arsip