Mengurus Penerbitan SKCK di Polsek Metro Cakung, Jakarta Timur


Hola minna, hisashiburi na..πŸ˜‚
Wkwk ala-ala Jepang-nya mulai keluar lagi. Oke, kali ini gue mau berbagi pengalaman gimana proses yang udah gue lakukan untuk mendapat SKCK, khususnya buat yang punya KTP domisili Kecamatan Cakung. Gue nggak perlu jelasin apa itu SKCK lah yaa, karena, toh, kalian juga pasti udah pada tau.

Jadi gini ceritanya, bentar lagi gue mau wisuda yang artinya gue udah harus mulai menyiapkan dokumen-dokumen pendukung buat ngelamar kerja. Sebenernya sih, gue pengen lanjut ekstensi, tapi itu bukan jadi prioritas gue saat ini *halah, malah curhat*. Nah, jadilah gue mulai nyiapin dokumen-dokumen itu, salah satunya SKCK.

Hal pertama yang perlu kalian tau nih ya, penerbitan SKCK di Polsek dan di Polres itu berbeda berdasarkan tujuannya. Kalau kalian butuh SKCK buat ngelamar kerja di perusahaan BUMN atau swasta dan untuk melanjutkan studi, kalian bisa mengurus penerbitannya di Polsek. Tapi, kalau kalian butuh SKCK buat persyaratan CPNS atau kenaikan jabatan/golongan, kalian harus mengurus penerbitannya di Polres. Jadi, beda tujuan, beda tempat. Alasannya apa gue juga kurang tau sih, kemarin Bapak Petugas Loket cuma kasih tau gitu doang, heheπŸ˜…

Nah, apa aja sih persyaratannya?
Jadi, sesuai dengan Peraturan Kapolri No. 18 Tahun 2014 tentang Cara Penerbitan SKCK, kalau kalian mau buat SKCK baru, yang diperlukan antara lain:
1.      Fotokopi KTP, KK, dan Akta Kelahiran (masing-masing 1 lembar);
2.      Pas Photo ukuran 4x6 background merah (4 lembar);
3.      Mengisi formulir biodata; dan
4.      Sidik Jari

Tapi, kalau kalian cuma mau perpanjang SKCK, persyaratannya:
1.      Fotokopi KTP (1 lembar);
2.      Asli/Fotokopi SKCK lama (1 lembar);
3.      Apabila lewat 1 tahun, dilampirkan KK dan Akta Kelahiran (1 lembar);
5.      Pas Photo ukuran 4x6 background merah (2 lembar); dan
4.      Mengisi formulir biodata

Kemarin gue ngurus SKCK hari Rabu, 2 Agustus 2017. Gue sampai sana itu sekitar jam 10.00 dan itu udah rame banget ya. Ada sekitar 20 orang kalau nggak salah. Jadi, kalau kalian nggak mau mengantri terlalu lama, saran gue datang pagi! Kalau bisa jam 08.00 udah di sana.

Loket penerbitan SKCK udah kelihatan kok dari pintu gerbang, jadi gak perlu bingung harus ke mana, lihat aja yang banyak orang pada kumpul, berarti di situ tempatnya, hahaha πŸ˜—. Pas datang, langsung aja ke loket, bilang ke Petugasnya kalau kita mau buat SKCK. Nanti kalian ditanya keperluannya untuk apa, ditanya buat memastikan aja kalau kalian nggak salah tempat. Terus nanti kita disuruh mengisi formulir biodata, kalau udah selesai balik lagi ke loket sambal menyerahkan dokumen persyaratannya. Oh iya, jangan lupa bawa uang. Biaya penerbitan SKCK itu Rp 30.000,- (Agustus 2017, ya).

Selanjutnya, kita akan dikasih formulir dan diarahkan ke sebuah ruangan khusus, tempatnya di belakang loket. Tenang aja, nggak bakal sendirian kok, wkwk. Kita nanti di sana akan cap sidik jari (pake oli πŸ˜‘). Proses pembuatan cap sidik jari ini membutuhkan biaya sebesar Rp 10.000,-. Nanti Petugasnya bakal kasih tau kok. Btw, formulir yang dikasih dari loket tadi dikumpulkan di ruang ini ya. Selesai bikin cap, kita tinggal nunggu deh. Kalau kemarin sih gue cuma nunggu 60 menit aja, padahal di papan loket tulisannya “proses 120 menit”. Tergantung antrian juga sih ya.

Yap, itulah pengalaman gue mengurus penerbitan SKCK, semoga tulisan ini bisa membantu kalian ya, terutama buat para jobseekers, wkwk. Ganbatte ne!. Nanti, gue juga mau buat tulisan tentang pengalaman gue mengurus Surat Keterangan Sehat Jasmani, Surat Bebas Buta Warna, Surat Keterangan Sehat Rohani dan Surat Keterangan Bebas Narkoba. Insya Allah, doa-in aja biar nggak males, wkwk. Ja, mata ashita~ 😬

gambar : https://sumbercenel.com/cara-membuat-skck/

Komentar

  1. Mba Ambar, apa tdk perlu surat pengantar rt & klurahan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rina maaf ya baru bales :') telat banget deh huhu
      nggak perlu kok, hehe.

      Hapus
    2. Klo bikin baru juga ga perlu surat rt/rw..??

      Hapus
  2. mba aku mau tanya perlu surat keterangan rt rw dan kelurahan ga yah? krna saya mau bikin tolong infonya hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo Lena. maaf ya baru bales :') telat banget deh huhu.
      enggak perlu kok, hehe.

      Hapus
  3. Aslm kak. Pakai surat pengantar rt/rw ga kaka. Saya jg ktp domisili cakung. Ditunggu jwbnny.. tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo Ahmad. maaf ya baru bales :') telat banget deh huhu.
      enggak perlu kok, hehe.

      Hapus
  4. Ga pake pengantar kelurahan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo Dicky. maaf ya baru bales :') telat banget deh huhu.
      enggak perlu kok, hehe.

      Hapus
  5. Balasan
    1. Buka kokkk. Karim aku juga sabtu

      Hapus
    2. Kalo sabtu buka sampai jam berapa

      Hapus
    3. Jam berapa ya.. kemarin aku jam setengah satu masih di Polsek kok.

      Hapus
  6. Balasan
    1. Maaf nih, kalo itu aku kurang tau. Mungkin bisa dicoba pake surat keterangan lahir.

      Hapus
  7. Sudah pernah buat SKCK.mau perpanjang ternyata yang lama hilang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaa sayang banget ya. Gimana kalo coba buat baru? 😁

      Hapus
  8. Halo kak, klo gk ada akte pake pengantar rt/rw gk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halooo. Kalo kemaren aku liat di persyaratannya gak ada pengantar RT RW hehe

      Hapus
    2. Pak saya mau urus skck.cuman akte lahir sama ijazah saya gak ada gmn .boleh gak pak

      Hapus
  9. Mba Susi saya mau bikin SKCK cuman ktp saya KTP daerah, bisa gk ya bikin di polsek Cakung ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduh maaf ya, aku kurang informasi kalo soal itu. mungkin kamu bisa coba tanya dulu :D

      Hapus
  10. Balasan
    1. haloo. em, kalo hari senin-jumat aku kurang tau ya.. mungkin seperti jam operasional biasa sampai jam 4 sore. sabtu jam 1 mungkin yaa.

      Hapus
  11. hari sabtu mau perpanjang bisa gak ya ? sampai jam berapa ya ?

    BalasHapus
  12. Mba syaratnya apa ja si bikin skck.pake ket rt rw ngga.truz lngsung jd ngg mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. haloo. syaratnya seperti yang udah dijelaskan di atas yaa. nggak pakai surat keterangan RT dan RW

      Hapus
  13. Kak yg bener pakai surat pengantar dr kelurahan atau engga?.soalnya males mau urus surat pengatar dr kelurahan. :D ada yg bilang pakai ada yg bilang engga

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo aku kemarin ndak pake surat pengantar sih hehe :D

      Hapus
  14. mau tanya bikin SKCK d Polsek cakuCa hari sabtS buka/tutup?

    BalasHapus
  15. Ka kemaren tgl16 saya mau perpanjang tapi tutup mungkin karna bsok pemilu. Nah bukanya lagi kapan ya ka ? Sabtu buka eng ka ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduu saya bukan petugas polsek nih kak, jadi kurang tau :D

      Hapus
  16. Mbak kalau akta kelahiran hilang trus gak ada fotocopy an nya juga gimana ? Sebagai penggantinya apa ? Ijazah SMA bisa gak?

    BalasHapus
  17. Mau nanya klo perpanjang skck. Tp yg aslinya ilang.. Bisa ga ya

    BalasHapus
  18. Kak kalau pakai KTP daerah bisa ga?
    Gw dengar klo pakai KTP daerah bisa dengan syarat bawa surat domisili,apa itu benar ka?

    Thanks ka

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduu kalo soal itu aku kurang tau yaa. tapi nggak ada salahnya buat dicoba :D

      Hapus
  19. Kalau mau perpanjang Skck persyaratannya bawa apa aja ya ?
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi, kalau kalian cuma mau perpanjang SKCK, persyaratannya:
      1. Fotokopi KTP (1 lembar);
      2. Asli/Fotokopi SKCK lama (1 lembar);
      3. Apabila lewat 1 tahun, dilampirkan KK dan Akta Kelahiran (1 lembar);
      5. Pas Photo ukuran 4x6 background merah (2 lembar); dan
      4. Mengisi formulir biodata

      ini kak, informasinya ada di atas hehe :D

      Hapus
  20. Kalu mau perpanjang Skcknya doang, persyaratannya apa aja ya. Mohon jawab yg lengkap :)
    Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi, kalau kalian cuma mau perpanjang SKCK, persyaratannya:
      1. Fotokopi KTP (1 lembar);
      2. Asli/Fotokopi SKCK lama (1 lembar);
      3. Apabila lewat 1 tahun, dilampirkan KK dan Akta Kelahiran (1 lembar);
      5. Pas Photo ukuran 4x6 background merah (2 lembar); dan
      4. Mengisi formulir biodata

      ini kak, informasinya ada di atas hehe :D

      Hapus
  21. Maaf saya mau tanya mba saya kan mau bikin SKCK tapi saya. Tidak punya akte kelahiran sebagai gantinya apa bisa pake surat kelahiran?

    BalasHapus
  22. sekarang tdk perlu pengantar. dtng langsung ke polsek jg bawa syarat nya... Ok, semoga manfaat yg gak tau jd nyaho...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara ke Hutan Mangrove naik kereta dan busway

Pengalaman Magang di Perpustakaan

Pengalaman Magang di Arsip