Allah itu Maha Baik Part II

Assalamu’alaikum gaes, makasih ya udah mau lanjutin kisah gue. Barakallah fiikum! ๐Ÿ˜—

New part..
Tiga tahun kuliah rasanya nggak berasa. Sampai akhirnya gue nyusun Tugas Karya Akhir (TKA), sidang dan wisuda. Sebelum nyusun TKA ini kan ada magangnya dulu ya, nah pas mencari magang dan magang pun ada dramanya juga gaes. Ada beberapa hal yang nggak gue suka dan nggak pilih. Tapi justru, itulah yang Allah kasih buat gue. Gue yang sebelumnya bilang “Duh, ih, yah” pas di awal, justru banyak bilang “alhamdulillah” pas udah ngejalanin dan banyak alhamdulillah lagi pas udah selesai. Emang Allah tuh Maha Baik!

Sidang terus wisuda itu kayaknya kejadian yang udah biasa ya. Alhamdulillah lancar gitu lah pokoknya. Hehehe. IPK? Alhamdulillah hamdan katsiron thoyyiban mubarokan fih! ๐Ÿ˜ wisuda udah, terus nyari kerja deh. eh tapi ceritanya begini..

Magang itu kan Januari-Februari dan nyusun TKA April. Setelah selesai nyusun dan bolak-balik ngurus administrasi buat persiapan sidang Juni nanti, alhamdulillah di awal Mei gue dan temen-temen 4 orang dapet tawaran magang di Unit Kearsipan FIB UI. Dosen sih yang nawarin, soalnya beliau kepala di sana, hehe. Alhamdulillah sambil nungguin sidang dan wisuda, gue bisa produktif dulu. Hehe.

Sidang selesai, mulailah gue masukin lamaran kerja ke sana, sini dan situ. Paling banyak sih lewat Jobstreet. Soalnya waktu itu loker yang sifatnya terbuka masih jarang. Gue masukin deh tuh.. 1, 2, 3, 10 dan banyak.. masih santai aja kan, belom wisuda nih soalnya. Juni puasa, Juli Idul Fitri juga udah lewat. Temen-temen satu per satu ada yang udah dapet kerja, tapi yang lanjut ekstensi banyak juga. Temen magang gue pun udah mulai dapet undangan seleksi ke sana ke mari. Gue? Belom juga.. okelah sabar dulu.. prasangka baik ke Allah, prasangka baik

Hari demi hari terlewati. Dari yang tadinya cuma masukin sekitar 3-5 lamaran per hari, sekarang ningkat jadi lebih dari itu. Dari yang tadinya Cuma rajin mantengin jobstreet, sekarang mulai rajin buka banyak website penyedia jasa loker. Nggak Cuma itu, website perusahaan pun gue buka. Pengen daftar CPNS tapi belom ada pembukaan. Oke, masih sabar lagi. Di sini udah mulai deh syaithon bisikin lagi buat berprasangka buruk ke Allah.

Yang tadinya magang berlima, sekarang tinggal berdua. Masa kontrak magang pun sebulan lagi habis. “ternyata punya IPK tinggi berpredikat dan universitas bagus pun nggak menjamin kita cepet dapet kerja. Eh, tapi itu gue sih, mungkin yang lain enggak” gitu pikir gue. Emang sih, gue akuin dulu sempet ya adalah perasaan sedikit sombong. Biasa, bisikan syaithon. Dan ternyata, sombong hanya membawa kepada kebinasaan. Hahaha *tertawa getir* gimana nih.. kan mau curhat ke mama juga takut malah nambahin beban pikiran. Serba salah. Prasangka buruk ke Allah yang dibisikin syaithon makin kenceng aja nih. Tapi sabar dulu.. inget ceramahnya Ustadz Hanan Attaki~ Allah sesuai prasangka hambanya. Inna ma’al ‘usri yusro. Tetep berprasangka baik, pasti ada jalan.

Beberapa hari kemudian, gue dapet undangan seleksi di PT Bintang Toe*joe, posisi admin HR.  alhamdulillah, akhirnya! Hari ujian tiba, ternyata gue gak sendirian, banyak temennya. Tes psikologi dulu mulai dari pilihan ganda yang apalah itu namaya lupa, kraeplin alias koran (yang ini gue baru pertama kali lakuin, dengan kertas yang segitu gede dan angka yang segitu banyak, gue sampe mumet! Banyak pula salahnya) sampai tes menggambar. Selesai ujian peserta di samping gue dikasih tau kalo nanti dia ada tahap wawancara setelah makan siang. Gue? “Susi silakan boleh pulang, nanti kami kabari lagi ya”. Oohh oke, gue pulang sambil hopeless, kayaknya sih gak dapet. Bener aja, sampe lewat seminggu nggak ada kabar sama sekali. Hahaha *sekali lagi tertawa getir*. Teteup berprasangka baik, kalo emang rejekinya, pasti Allah kasih.

Akhir juli, tepatnya tanggal 26 Juli 2017. Gue dan temen-temen MID yang dikasih rekomendasi alhamdulillah, dapet email dari PT TASPEN (PERSERO) yang intinya kalo Taspen itu lagi buka lowongan buat karyawan kearsipan via jalur rekrutmen khusus, karena langsung menghubungi kampus. Ternyata ada 3 kampus yang dihubungi, yaitu UI, UNDIP dan UGM. *Tuh kan emang bener UGM pancen oye! Gue waktu itu ditolak sih. Tapi alhamdulillah masuk jurusan yang sama di UI wkwk* okay.. perjalanan baru pun di mulai.. seleksi administrasi dulu nih brosis.

Beberapa hari setelah itu gue dapet panggilan wawancara, posisi junior auditor di SPI UI. Alhamdulillah. Setelah wawancara panjang lebar, ternyata jadi auditor bukanlah passion gue dan gue nggak ahli kayaknya di bidang itu. Tapi, beberapa hari kemudian gue dapet undangan wawancara tahap 2, mungkinkah mereka merasa cocok (?) nah, gue galau mau datang atau enggak. Kalo dateng, gue gak cocok. Tapi kalo nggak datang, kali aja rejeki gue di situ kan. Yaudah akhirnya.. nggak dateng๐Ÿ˜

Selesai dari SPI, nggak ada undangan seleksi lagi sampai minggu pertama Agustus. Duh sedih. Berharap banget bisa lanjut seleksi Taspen. Tanggal 9 Agustus alhamdulillah dapet email dari Taspen ternyata lolos seleksi. Tahap berikutnya wawancara manajemen! Seneng banget rasanya tapi gue belom pernah wawancara manajemen, gimana dong? L alhasil gue mulai rajin browsing tetang pengalaman orang-orang yang pernah wawancara manajemen. Eh alhamdulillah ada beberapa blog yang pernah ikutin wawancara Taspen juga. Hihihi lumayan ilmunya๐Ÿ˜„

Hari wawancara nih gaes, gue deg-degan! Satu per satu temen gue masuk ke ruang wawancara. Bener aja, 1 ruangan pewawancaranya ada 2 orang! Pas giliran gue dan ditanya “kenapa kamu minta gaji segitu?” , “saya mau bantu orang tua saya pak, bapak saya sudah pensiun” belom sempet selesai gue jawab, ini air mata udah netes duluan huhu. Itu refleks coy, gue tidak merencanakannya sama sekali ๐Ÿ˜‘ malu juga lah nangis di depan bapak-bapaknya. Terus bapak baik bilang gini “lho lho kok nangis? Jangan nangis. Saya kan Cuma nanya, nggak gigit. Tisu mana ya tisu. Nih dilap dulu, jangan nangis”.

Dan yah.. ada beberapa pertanyaan yang gue salah jawab. Maap, gue belom tau Taspen itu apa, malahan baru denger pas dapet email ๐Ÿ˜ dah lah yaa, wawancara kok gini amat sus sus, bersyukur udah Allah kasih kesempatan. Kayaknya juga Cuma gue doang yang keluar ruangan dengan mata merah abis nangis. Setiap temen-temen gue keluar ruangan pasti mereka sambil senyum. Dan kalo mereka cerita gimana suasana di dalam pasti mereka percaya diri gitu ceritanya. Dah, apalah gue.. Sisanya tinggal harap-harap cemas sambil berdoa dan pasrah sama Allah. Kalo emang rejeki, pasti dapet. Allah udah ngatur rejeki masing-masing kok.

Nunggu deh tuh, kok ya ndilalah  sampe akhir bulan lamaran gue yang di jobstreet nggak memberikan sinyal positif yak. Tanggal 23 Agustus 2017 dapet email dari taspen, deg-deg serr, nggak berani buka e, ngasih tau mama, bismillah dulu deh. Dan jeng jeng.. alhamdulillah lolos! Allah baik banget ๐Ÿ˜ญ abis itu lanjut psikotes tanggal 9 September.

Nggak mau kecolongan lagi, belajar dari bintang todjoe kemaren gue mulai rajin baca tips tes koran sama menggambar nih. Semua alhamdulillah lancar sampai pada saat wawancara dengan psikolog, gaes. Ya Rabb, nangis lagi coba.. di pertanyaan yang sama. Gue terlalu rapuh apa ya, kalo ditanya tentang orang tua rasanya pengen nangis mulu. Apa mungkin karena bapak udah pensiun? ๐Ÿ˜‘ dan di akhir sesi, psikolognya bilang “Mbak, mbak tuh orangnya terlalu melankolis. Usahakan menjaga emosi agar stabil ya. Satu lagi mbak, kalau kerja itu kita bukan Cuma dituntut untuk teliti, tapi juga harus cekatan ya. Makasih mbak susi” JLEB, gimana hasil tes hamba ya Allah.. bisa lulus nggak ini. Sedih amat๐Ÿ˜“

Wesss.. emang gak ad acara lain kecuali pasrah. Serahin semua sama Allah. Sedih nian aku. Tanggal 19 September pengumuman! Alhamdulillah Allah super duper baikkk ada keajaiban gaes. Senengnya itu loh setelah dapet pernyataan dari psikolog yang.. sudahlah. Gue bisa lanjut tes kesehatan tanggal 27 September ๐Ÿ˜„

Ini nih tes yang paling bikin gue was-was. Ditambah lagi banyak orang bilang di blog kalo mata minus itu mempengaruhi penilaian. Gue pake kacamata gimana dong ๐Ÿ˜ฐ mana minus 2,5 lagi. Terus gue bukan termasuk yang tinggi. Cuma 155 tinggi gue, paling lebih 1-2 cm! hah. La haula wa la quwwata illa billah, hasbiallah aja udah lah. Yang penting gue gak punya penyakit aneh-aneh. Seminggu ini pokoknya gue akkan rajin makan sayur dan buah dan susu! Hasilnya gimana biar terserah Allah aja. Allah kan Maha Bijaksana.

Nunggu hasil tes lama juga, seminggu lebih euy. Dapet kabar 9 Oktober 2017. Alhamdulillah hamdan katsiron thoyyiban mubarokan fih! Allah memang sebaik-baik perencana, Allah sebaik-baik pemberi rejeki, Allah itu emang.. MAHA BAIK! Aku lolos gaes, aku lolos brosis. Ya Allah๐Ÿ˜„

Kesimpulannya:
Gue mau sharing aja sama kalian, kadang apa yang kita nggak suka itu boleh jadi yang terbaik buat kita. Bukan menurut kita emang, tapi Allah. Bukankah Allah yang Maha Bijaksana? Terus sesulit apapun cobaan yang kalian dapetin, ingat aja kalo Inna ma’al ‘usri yusro, sesungguhnya setelah kesulitan ada kemudahan. Allah denger kok doa kita, Allah denger kok curhatan kita. Bukankah nggak ada yang lebih sayang terhadap kita disbanding diri kita sendiri selain Allah? Bisa jadi, dari cobaan itu Allah pengen liat faith kita ke Dia sampai mana. Bisa jadi, dari cobaan ini Allah pengen kita lebih dekat sama Dia. Dan bisa jadi setelah ini, Allah mau kasih kejutan buat kita. Inget cerita Rasulullah SAW dan sahabat pas perang Badar deh. Ya emang kadang nggak mudah sih, gue nulis ini juga buat jadi reminder buat gue sendiri. Biar gue nggak lupa kalo Allah itu suka kasih kejutan. Kalo Allah itu Maha Baik ๐Ÿ˜‡

Oiyaa, btw gue sekarang lagi OJT Tahap II di Taspen, mohon doanya yaa biar bisa diangkat jadi pegawai tetap, hihi. Aamiin.๐Ÿ™ˆ๐Ÿ™

Barakallahu fiikum
Wassalamu’alaikum brosis๐Ÿ˜

sumber foto: https://www.redbubble.com/people/alifartistry/works/10292548-ar-raheem

Komentar

  1. assalamualaikum kak, ya Allah kak menginspirasi sekali tulisan kakak aku suka๐Ÿ˜ semangat terus kakk hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaykumussalam Sri

      Alhamdulillah. Kamu juga semangaaaat terussss yaaak ๐Ÿ™†

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara ke Hutan Mangrove naik kereta dan busway

Pengalaman Magang di Perpustakaan

Pengalaman Magang di Arsip