Allah itu Maha Baik :)



Assalamu’alaikum brosis temen dumay 😁
Gimana kabarnya? Semoga selalu deket sama Allah ya. Barakallahu fiikum. Aamiin. Lama banget nih nggak nge-blog.  Masa udah bulan Juni gini belom ada satu pun tulisan yang gue posting di blog ini. Kalo blog ini kayu, pasti bukan jamuran lagi. Tapi mah udah abis dimakan rayap. Wkwkwk πŸ™ˆ

Hhmm nggak terasa ya, sekarang kita udah di pertengahan tahun 2018. Kalo boleh dirasa, rasa-rasanya baru kemarin deh gue ikut SIMAK UI terus kuliah. Eh malah udah nyusun Tugas Karya Akhir aja. Rasanya lagi, baru kemarin gue wisuda terus ngelamar kerja ke sana-sini dan alhamdulillah sekarang udah kerja, masuk bulan ke 8. Alhamdulillah. Iya, alhamdulillah banget! Semuanya berkat bantuan Allah yang Maha Baik!

Brosis, gue mau cerita sedikit tentang pengalaman gue dapetin banyak hadiah dan kejutan dari Allah. Ceritanya dimulai dari ikut seleksi SIMAK UI. Gue itu.. bukan anak SMA, Cuma anak SMK, pun sekolahnya di Jawa, bukan di Jakarta. Alasan kenapa gue bisa sampe sekolah di sana.. ya panjang lah wkwk pokoknya gue anak SMK yang sekolah di Jawa.

Tau kan kalo anak SMK gimana? Walaupun nggak semua, tapi mayoritas dari temen-temen gue itu setelah lulus mau cari kerja. Nggak salah sih, kan emang tagline-nya waktu itu “SMK siap kerja!” ya kan? Hehe. Nah, anehnya meskipun tujuan awal gue masuk SMK sama kayak mereka, tapi pas udah menjelang lulus gue malah nggak mau kerja dulu. Kalo bisa pengen lanjut kuliah.

Di situ gue mulai mikir, biaya kuliah pasti besar. Gue kan nggak pinter, mana bisa masuk PTN, paling-paling kuliah di PTS. Denger dari cerita orang-orang, kuliah di swasta itu per semesternya bisa sampe belasan juta. Apa iya orang tua gue mampu? Sementara bapak gue hanyalah seorang satpam di perusahaan air mineral.

Kenapa nggak coba dulu ikut SNMPTN? Pasti kalian nanya gitu kan? Wkwk. gaes, balik lagi ke cerita awal. Mayoritas dari lulusan SMK yang ingin kerja jadi sebab guru-guru kami fokus untuk jalin hubungan dengan banyak perusahan. Soal pendidikan lanjut itu ada di daftar nomer sekian. Lagipula yang nanya tentang informasi itu bisa dihitung dengan jari. Tapi ya, salah gue juga sih yang gak mau pro aktif. Ya sudahlah, SNMPTN lewat sudah~ tapi, gue masih ada cadangan karena ikut PBU UGM wkwk yah walaupun ditolak sih 😒. Sedih euy. Yowes lah kuliah di mana urusan nanti deh yang penting balik ke Jakarta dulu!

Pas udah di Jakarta, akhirnya gue milih buat ikut SBMPTN. Buku latihan SBM pun sebenernya udah gue beli dari pas masih di Jawa, buat ikut UTUL UGM *halah belom bisa move on* πŸ™ˆ. Sampe hari di mana waktunya ikut ujian, gue malah nggak jadi ikutan gara-gara temen gue nggak ikut SBM dan gue jadi gak ada temen! Sesepele itu gaes! Ya Allah, gue emang terlalu penakut kala itu. Hilang sudah kesempatan, hiks.

Beberapa hari kemudian, sambil browsing internet gue dapet informasi sih kalo UI buka pendaftaran SIMAK. But, it was sooo impossible! Jadi ya Cuma gue jadiin angin lalu aja. Tetep tuh gue belajar buku SBM buat persiapan seleksi masuk PTS wkwk. Eh tanpa disangka dan diduga, bapak gue kan abis pulang dari rumah saudara, Mas Adi, dia ini anak Kimia UI 2012. Berpesan lah dia kepada bapak gue “Mas, Susi suruh coba-coba ikut SIMAK, barangkali rejekinya di situ” gitu ceritanya di kemudian hari. Nah, bapak gue ini tiba-tiba jadi nyuruh gue buat ikutan SIMAK UI coba?! Belom tau aja, dari kabar internet soal sekesinya kan susah banget πŸ˜‘ wes lah, drama hidup gue dimulai sejak hari itu.

Gue itu orang yang cenderung pesimis, brosis. Jadi, ikut SIMAK waktu itu pun Cuma berbekal yakin sama Allah, kalau Allah pasti ngasih yang terbaik, doa orang tua sama yah.. usaha belajar satu bulan tanpa intensif karena nggak punya duit. Tapi, di tengah keadaan yang serba kekurangan; kurang ilmu dan kurang percaya diri, gue jadi bergantung banget sama Allah. Cuma Allah doang nih yang bisa nolong, nggak ada yang lain.

Di samping itu, jeda waktu dari ujian sampe pengumuman itu pas banget momennya di bulan Romadhon! Jadi, ya udah deh makin-makin kenceng aja doanya ke Allah. Saat itu jadi saat di mana gue paling yakin, paling pasrah, paling mengharapkan bantuan dan keajaiban dari Allah. Dan kalo boleh jujur, itu tuh kayak momen terbaik gue paling bisa deket sama Allah. Setelah penantian selama satu bulan, akhirnya pengumuman dan alhamdulillah gue lolos! Langsung sujud syukur. Alhamdulillah katsiron thoyyiban mubarokan fih! Allah itu emang baikkkkkk bangeeeet πŸ’™ kalo inget kronologi kejadiannya dari mulai bapak gue yang tiba-tiba suruh ikut ujian sampai pengumuman lolos tuh rasanya suka terharu, masih nggak percaya, Allah kok baik banget gitu ya πŸ˜‡ cerita lengkap lolos SIMAK UI bisa dibaca disini ya gaes

Semenjak saat itu (yakin buat percaya sama Allah sepenuhnya), gue jadi lebih banyak dapet kejutan dari Allah. And the new part begins..
Tiga tahun kuliah rasanya nggak berasa. Sampai akhirnya gue nyusun Tugas Karya Akhir (TKA), sidang, wisuda dan mencari kerja sebagai a new jobseeker..
Lanjut di sini yak!

sumber foto: https://id.pinterest.com/pin/489344315735995981/?lp=true

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara ke Hutan Mangrove naik kereta dan busway

Pengalaman Magang di Perpustakaan

Pengalaman Magang di Arsip