Serunya Belajar Islam di YukNgaji



Squad Yuk Ngaji Bekasi Batch 3

Assalamu’alaykum gaesss 😁
Gimana kabarnya? Semoga kalian selalu sehat dan bersemangat dalam kebaikan!✨ aamiin.

Keinginan buat ngelanjutin postingan kemarin sebenernya udah dari lama. Tapi yaa gituu, banyak excuse jadinya nggak dikerjain, ehe 🤭. Oiya, pastikan kalian udah baca pengalaman hijrah gue di sini biar feel nya dapet buat ngelanjutin cerita ini.

Masih kurang!
Sejak rasa sesal karena keterbatasan ilmu yang akhirnya bikin gue su'udzon ke saudara sendiri (baca: muslim), wah fix ini mah berarti gue harus cari ilmu! Ikut ta'lim kali ya? Atau ikut kajian? Tapi di mana?

Ada tuh ta'lim yang gue suka banget, pembawaan materinya asik, ga berat, diksinya oke, nyambung banget lah pokoknya sama anak muda. Tapi mah jauh banget di Bandung. Masa iya kalo datang kajian gue harus ke Bandung dulu? Sempat sih kepikiran kayak gitu wkwk. Atau cuma kajian online aja? Ah gak puas! Gue masih punya banyak pertanyaan. Terus nanti gue mau nanya siapa coba kalo online?

Dulu kan gue masih kuper (kurang pergaulan) ya pas awal-awal hijrah. Belum punya teman bisa nunjukin harus ke sini, ke sana, begini, begitu. Tapi, gue nggak putus semangat dong! Gue teteup nyari. Pasti ada!

Benar deh tuh, gue dapat beberapa jadwal kajian offline di tempat yang berbeda. Ada di pasar minggu, sudirman, Istiqlal dah pokoknya mah buanyaaak. Udah datang kajian, tapi tuh gue ngerasa masih belom puas.

"Kalo cuma begini mah pertanyaan gue belum terjawab". Memang sih, gue pergi ke kajian sama teman-teman. Cuma.. apa ya.. kayak habis kajian selesai, yaudah langsung pulang ke rumah masing-masing. Kalo besok ada kajian lagi yaa tinggal datang aja, dengerin, terus pulang.

Mungkin kalo orang lain ngerasa "ah namanya kajian ya begini inilah". Nggak, tapi gue nggak mau begitu. Gue pengen kajian yang continue, yang runtut, terus bisa diskusi gitu tanya jawab atau apa deh.

Karena emang kadang gue ngerasa hampa, ngerasa bingung, tapi nggak tau apa yang hilang dan nggak tau juga apa yang bikin bingung. Nah lho?! Aneh kan.... ya tapi gue kekeuh pengen rasa hampa dan bingung ini hilang.

Kadang gue mikir, ya seenggaknya suka terlintas gitu deh di benak. "Gue sebagai manusia kan diciptakan ya, iya sih diciptakan sama Allah itu gue tau kan ada di buku agama. Kita tercipta dari tanah kan ya? Eh bukan, itu mah Nabi Adam. Oke pokoknya gue diciptakan sama Allah".

Terus nanti kan kalau udah meninggal nih kita bakal mempertanggungjawabkan perbuatan kita selama di dunia. Makanya Allah ciptakan surga dan neraka. Ini sih gue juga tau dari buku agama. Berarti kalau mau masuk surga ya tinggal ibadah aja sebanyak-banyaknya, berbuat yang baik-baik, selesai deh.

"Eh tunggu, apa iya ya tujuan gue diciptakan cuma buat itu? Apa nggak ada yang lain?", gitu pikir gue. Masih banyak pertanyaan dari pikiran gue, tapi gue nggak berani nanya. Takutnya, kalo gue nanya terlalu jauh terus ntar gue jadi murtad gimana?? Kan dosa juga. Yaudah, akhirnya itu pertanyaan cuma jadi single koleksi tanpa ada couple-nya (jawaban).

Gue dan Yuk Ngaji
Oiyaa semenjak hijrah gue jadi lebih banyak follow akunnya para ustadz, akun dakwah, gitu-gitu wkwk. Terus secara nggak sengaja, gue menemukan postingan instagramnya Ustadz Felix Siauw tentang Yuk Ngaji.

Wah! apaan nih? Tempat ngaji (membaca Al-Qur'an) rame-rame?? Karena penasaran, akhirnya gue kepoin instagramnya @yukngajiID dan ternyata bukan seperti yang gue kira wkwk.

This is the coolest place to study Islam than I've ever been! Weeeeew. Dari beberapa postingannya gue bisa melihat kalau komunitas ini adalah tempat belajar islam mulai dari dasarnya. Terus Ada juga beberapa video waktu mereka ngaji tuh diselingi games, atau outing ke hutan, pantai. Ah, seru banget ngelihatnya! Apalagi mayoritas pesertanya anak muda! Waaah.

Yuk Ngaji benar-benar mematahkan persepsi gue bahwa tempat kajian itu eksklusif dan harus banget pake hijab panjang sampai kayak mukena. Soalnya, selama pencarian gue, di beberapa tempat ada yang gitu. Nah.. apalah gue kalau dibandingin dengan mereka yang saat itu posisinya gue baru hijrah, baru belajar pakai rok dah gitu mah.

Oke, balik lagi ke cerita Yuk Ngaji. Melihat keseruan mereka dalam mengkaji Islam bikin gue mau ikutan gabung, bikin gue mau belajar bareng. Alhamdulillah nya, Yuk Ngaji udah tersebar di berbagai wilayah se-Indonesia, walaupun kebanyakan masih di kota-kota besar sih.

Langsung gue cari Yuk Ngaji Jakarta Timur, ada tapi nggak aktif. Jakarta Utara sama Pusat juga. Pilihan terdekat ada di Yuk Ngaji Bekasi. Sebenarnya nggak dekat-dekat banget sih, tapi demi ilmu agama nggak apalah~ in syaa Allah dihitung pahala (aamiin). Abisnya udah kepengen banget banget banget belajar. Mending berkorban tenaga dan duit daripada gue bodoh selamanya. Ya nggak?

Ternyata (kayaknya kalo dibaca, postingan kali ini gue banyak banget pake kata "ternyata" ya? Wkwk habis, banyak fakta yang bikin tercengang sih! Wkwk), di Yuk Ngaji ada program yang namanya KISI alias Kelas Intensif Studi Islam. Jadi KISI ini semacam kelas singkat gitu deh yang materinya tentang Akidah, Syariat dan Dakwah. Bahasan dasar secara komprehensif!

Daaaaan... benar aja dong
Baru aja ya mulai belajar, batin gue udah teriak "gilss ini materinya keren banget! Gue nggak nyangka kalo Islam tuh sekeren ini! Baru kali ini gue ngaji tapi dipaksa mikir!" Iya, emang bener sih kalo ngaji di sini disuruh mikir. Memaksimalkan fungsi otak dan akal yg udah Allah kasih wkwk.

Kan kalo di Yuk Ngaji itu sistemnya kayak 1 batch/angkatan materinya dijelasin dalam beberapa episode ya. Habis selesaiin 1 episode dan mau lanjut ke episode berikutnya tuh rasanya.. kayak ada asap di kepala, otak roaming, kepala pusing. Kalo ditanya ustadznya "ada yg bingung ga? Mungkin ada yg mau ditanyain?" Iya! Bingung tapi ga tau bingungin apa. Mau nanya, tapi belom tau nanyain apa. Walhasil, setelah mikir di rumah niatnya next episode mau ditanyain. Ehh tapi malah udah kejawab hahaha.

Pas lagi belajar, gue banyak merasakan "ooh gitu - moment", "wah ternyata - moment" dan yg paling sering sih speechless moment. Keliatan banget kan gak taunya ahaha.

Buanyaaak banget hal yg nggak akan cukup kalo cuma dibahas lewat video 30 menit bahkan 2 jam. Ini sih yg ngebedain kajian online dan offline. Kalo offline kita jd punya temen punya sharing, temen sefrekuensi. Dan, gue rasa kalo kalian mau ikut kajian offline sebisa mungkin yg intensif, contohnya @yukngajiID

Di sini tuh gue ngerasa dapet pengetahuan kalo Islam itu bener-bener agama yg paripurna. Lengkap dari segala sisi. Istilahnya mah bukan kaleng-kaleng, euy.

Di Yuk Ngaji tuh benar-benar kita belajar dari dasar banget materinya. Mulai dari Finding God, The Way to Belief, Life is choice dan baru ke materi yang berat kayak syari'at gitu.

Tapi, menurut gue ini malah keren banget. Sesuatu yang belum pernah gue tau dan gue temui sebelumnya. Di situ mindset gue benar-benar berubah. Gue jadi punya perspektif baru. Cara pandang yang baru untuk menjalani hidup. Maa syaa Allah!

Dah, kalo kalian udah sekali nemuin tempat belajar yg enak dan tempat mengkaji yang asik, dijamin kalian bakal haus untuk terus-menerus belajar. Memasok ilmu sebanyak-banyaknya soal Islam. Dan akhirnya kalian akan bangga dengan keIslaman kalian, gaes
😊

Yap, kurang lebih itu cerita yang bisa gue share ke kalian yaa gaes. Pepatah tak kenal maka tak sayang ternyata beneran lho! Makanya, #YukNgaji Islam biar kamu bisa sayang sama Islam!


Wassalamu'alaykum gaesss 
😁

Komentar

  1. Assalamualaikum...
    Terimakasih kak atas motivasinya, saya sangat terharu membacanya. Semoga Allah Ridha saya mengenakan jakun seperti Kaka di kampus tercinta universitas Indonesia:)

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum,
    Terimakasih kak atas motivasinya, sangat terharu saya membacanya.semoga ridho Allah selalu menyertai Kaka ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaykumussalam.. aamiin ya Rabb makasih yaa Rika. doa yg sama juga buat Rika :D

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara ke Hutan Mangrove naik kereta dan busway

Pengalaman Magang di Perpustakaan

Pengalaman Magang di Arsip