Tentang Electronic Document and Record Management System (EDRMS)
Genki desu ka? Semoga kalian selalu baik-baik aja ya.
Hhmm, posting-an kali ini, gue mau membahas tentang Electronic Document and Management System (EDRMS). Nah, berhubung kayaknya bahasan ini bakal panjang, jadi tulisannya akan gue bikin jadi 2 part yap! Let's check!
ELECTRONIC
DOCUMENT AND RECORD MANAGEMENT SYSTEM (ERDMS)
DAN
PENERAPANNYA DALAM STUDI KASUS ORGANISASI
Oleh: Susi Ambarwati
Dokumen
dan Rekod
Hampir
semua orang, terutama yang bekerja dalam lingkup perusahaan, organisasi maupun
lembaga pemerintahan tidak asing lagi dengan kata dokumen dan rekod. Sebagian
besar orang masih mengartikan dokumen dan rekod dengan arti yang sama. Namun,
sudahkah diketahui dengan benar apa arti kedua kata tersebut? Benarkah kedua
kata tersebut memiliki arti yang sama?
Dokumen adalah unit informasi terstruktur yang direkam, diterbitkan atau tidak diterbitkan dalam bentuk
tercetak atau elektronik dan
dikelola sebagai unit terpisah dalam sistem informasi. Sedangkan yang
dimaksud dengan rekod adalah Informasi
yang direkam dalam bentuk apapun termasuk data dalam sistem komputer,
diciptakan atau diterima dan dikelola oleh suatu organisasi atau perorangan dalam transaksi bisnis atau pelaksanaan
kegiatan dan disimpan sebagai
bukti kegiatan tersebut (Kennedy and Schauder, 1998).
The
Oxford English Dictionary mendefinisikan kata dokumen sebagai “a
piece of written, printed, or electronic matter that provides information or
evidence”.
Sedangkan kata rekod didefinisikan sebagai “a
piece of evidence or information constituting an account or something that has
occurred, been said, etc”.
Definisi di atas dapat
dianalogikan seperti sebuah organisasi yang akan membangun sebuah gedung baru
untuk kegiatan operasional. Dalam kegiatannya, personil dari organisasi akan
membuat dokumen perencaan gedung terlebih dahulu. Dokumen perencanaan ini dapat
terdiri atas proposal pembangunan, desain arsitektur dan laporan. Semua dokumen
disimpan dalam folder tertentu sesuai dengan tahapan yang dilalui. Saat pembangunan
gedung sudah selesai, dokumen-dokumen tersebut akhirnya menjadi satu kesatuan
yang memiliki bukti atas kegiatan yang telah terjadi. Kesatuan dokumen ini
disebut sebagai rekod.
Awal
Mula Sistem Dikenal Manusia
Tugas
mengelola dokumen dan rekod sebenarnya sudah dimulai sejak berabad-abad lalu.
Bahkan, sebelum adanya peradaban. Nenek moyang kita, manusia gua, memanfaatkan
dinding gua untuk menggambar, menceritakan peristiwa yang telah dan sedang
mereka lalui. Hal ini dapat dianggap sebagai awal mula kegiatan pencataan (record-keeping), yaitu merekam (recording) sebagai bahan referensi di
masa mendatang. Selain itu, contoh lain dari pencatatan pada masa primitif
adalah Hyreoglyphics di Mesir. Melalui kedua kasus ini, sejarawan bisa
mendapatkan informasi secara langsung tentang lingkungan dan kegiatan manusia
pada masa lampau.
Sistem
Pada Masa Moderen
Setelah mengetahui
kegiatan pencatatan pada masa primitif, maka sekarang waktunya untuk kembali ke
zaman moderen. Pada
tahun 1980-an, sebagian besar sistem
yang tersedia adalah
sistem Document Image Processing (DIP). Pada dasarnya sistem elektronik ini setara dengan filling cabinet, dengan fasilitas untuk dokumen yang akan dipindai
(scan), diindeks, dan disimpan di dalam sistem. Sehingga dokumen-dokumen
tersebut dapat ditemukan kembali untuk dilihat maupun dicetak.
Beberapa
sistem DIP yang lebih
maju juga memasukkan unsur workflow, yang memungkinkan organisasi untuk mengirimkan
dokumen yang telah dipindai di lingkungan dalam organisasi. Sebagai contoh, sebuah organisasi bisa memindai surat
masuk mereka, dan kemudian hasil pindai tersebut dialihkan ke staf
tertentu untuk diproses. Electronic Document Management System
(EDMS) serta Electronic Record Management System (ERMS)
mulai muncul pada tahun
1990-an.
EDMS
umumnya terintegrasi dengan aplikasi seperti Microsoft Office dan pengguna diizinkan untuk secara aktif
mengelola dokumen. Pengguna
dapat check
in ke dalam sistem untuk memeriksa serta melacak versi dan siklus dokumen. ERMS kali
pertama muncul pada
tahun 1990-an. Fungsi
utama sistem ini adalah untuk mengelola lokasi penyimpanan fisik dari rekod
yang berbasis kertas (paper-based).
Sehingga hanya dapat mengindeks secara elektronik. Kemudian ERMS mulai
dikembangkan menjadi sistem yang dapat mengelola dokumen dan rekod elektronik.
Namun, tanpa adanya standar record-keeping
yang pasti.
Selama tahun 1990-an pertengahan ke-akhir,
standar untuk ERMS mulai dikembangkan. Di Inggris, The
National Archives (TNA), memulai
proyek dengan pemerintah pusat untuk mengembangkan satu set persyaratan
fungsional untuk sistem pencatatan elektronik (electronic record-keeping system). Di Amerika Serikat, Departement of Defense (DoD) merilis sebuah standar untuk ERMS,
yaitu 5.015.2-STD, "Design Criteria Standards for
Electronic Record Management Software Applications" pada akhir tahun 1997. Pada tahun 2001, International
Organization for Standardization (ISO)
merilis
standar untuk pengelolaan rekod (record
management),
yaitu ISO 15489.
Di Inggris, standar yang
paling sering digunakan adalah TNA 2002, dan di Amerika menggunakan Dod
5.015.2. Kedua standar ini sama-sama mendefinisikan persyaratan fungsional untuk
ERMS. Saat ini, banyak vendor pembuat ERMS yang menggunakan salah satu dari
standar tersebut atau menggabungkan keduanya.
Tentang
EDRMS
Electronic Document and Record Management
System (EDRMS) mengacu pada sistem-sistem yang mampu mengelola dokumen dan
rekod secara elektronik. EDRMS dapat disebut juga sebagai sebuah sistem hasil
penggabungan antara EDMS dan ERMS. Komponen-komponen pembentuk EDRMS pun juga
mengkombinasikan komponen-komponen dasar pembentuk EDMS dan ERMS. Berikut
merupakan komponen-komponen inti dari ketiga sistem tersebut:
Gambar 1. Komponen-Komponen Dasar
EDMS, ERMS dan EDRMS
*Nah, guys, untuk lanjutannya bisa klik di sini yap! ^^
Thanks for this amazing Posts i really like your blog you are doing good work. Keep sharing good blogs and new ideas, features & latest trends in this technology.
BalasHapusDocument Management Software India
Document Management Software Chennai
Document Management Software
Electronic Document Management System